Judul : MANAJEMEN KEHIDUPAN KELUARGA KRISTEN

Penulis : Yefri Edowai, ST.MM.M.Th

Editor : Irma Yanti Febriani Purba

Spesifikasi : 15 x 23 cm;  198 halaman

Cetakan Pertama, September 2022

 ISBN : 978-623-7040-23-1

Penerrbit :Tollelegi,

Pada masa kini, beban keluarga semakin berat. Manusia dihadapkan dengan sumber daya yang semakin terbatas,, yang menyebabkan persaingan terjadi dimana-mana. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk teknologi komunikasi juga mempengaruhi sendi-sendi kehidupan keluarga. Tidak heran, banyak keluarga Kristen hancur lebur karena tidak tahan dan tidak mampu menghadapi benturan-benturan nilai. Nilai-nilai kehidupan keluarga Kristen, mulai ditinggalkan, yang berbuntut pada tinggalnya institusi keluarga itu. Banyak keluarga menjadi tidak harmoni dan tidak tahu tujuan dan arah hidup berkeluarga karena tidak paham dan tidak mampu mengatur hidup keluarga sendiri.

Situasi yang menerpa kehidupan Keluarga Kristen zaman saat ini, mengharuskan kita untuk kembali melihat tujuan dari Allah membentuk keluarga. Allah sejak dari awal membentuk keluarga menghendaki agar manusia tetap mempertahankan persatuan dan kekudusan hidup berkeluarga. Perkawinan dan hidup keluarga mengekspresikan Allah dalam kepenuhanNya.

Kita ketahui bahwa ketika Allah membentuk manusia pertama Adam dan Hawa serupa dengan Allah di Taman Eden (Kejadian 1 : 27 – 29), mereka melahirkan anak-anaknya Kain, Habel dan Set, Allah sudah memberikan kepada mereka segala ciptaan-Nya untuk merencanakan, mengorganisir, mengarahkan, mengawasi, mengatur dan mengelola. Tersirat di sini bahwa manajemen keluarga bahwa Allah telah meletakkan manajemen kepada keluarga pertama. Selanjutnya itu diteruskan oleh generasi berikut dari zaman ke zaman hingga saat ini. Ini berarti bahwa manajemen kehidupan keluarga sangat dibutuhkan sangat diperlukan untuk tidak menimbulkan akibat-akibat yang absurd karena perhatian masing-masing pribadi hanya sikap ingat diri dan mengabaikan orang lain.

Buku ini membahas beberapa hal saja,  antara lain visi dan misi, tanggungjawab atau tugas pokok, kemudian bagaimana keluarga Kristen bertanggungjawab dalam segala aspek kehidupan, lalu bagaimana dengan iman, keluarga Kristen dan persoalan masyarakat termasuk politik,  kemudian manajemen finansial untuk keluarga Kristen, manajemen pendidikan keluarga Kristen dan bagaimana menciptakan suasana surga dalam kehidupan keluarga Kristen. Jika ini semua kita bisa merealisasikan dalam kehidupan keluarga kita, maka akan terwujud keluarga yang harmonis menurut firman Allah.

Buku ini terdiri dari 6 Bab. Bab 1 PENDAHULUAN, menjelaskan pengertian manajemen kehidupan keluarga Kristen. Untuk bisa melanjutkan bacaan pada bab-bab selanjutnya, maka perlu diuraikan serba sedikit tentang pengertian manajemen, manajemen keluarga dan manajemen keluarga Kristen. Bagian ini juga menjelaskan tentang kebutuhan keluarga saat ini sehingga kita dapat menemukan jawaban mengapa diperlukan sebuah manajemen kehidupan keluarga.

Bab 2 VISI, MISI DAN TUJUAN  MEMBANGUN KELUARGA KRISTEN. Sebelum membangun keluarga dan  menentukan tindakan konkrit serta membagi peran masing-masing anggota, keluarga Kristen perlu memahami visi misi dan tujuan kehidupan keluarga Kristen. Allah sendiri sudah mempunyai visi dan misi untuk keluarga Kristen. Hal yang dilakukan keluarga Kristen adalah memahami dan dijadikan patokan. Dengan memahami, maka selanjutnya dapat membuat rumusan tindakan konkrit. Di bagian ini dikemukakan beberapa hal yang menjadi panduan dalam perumusah tindakan konkrit.

Bab 3, KELUARGA KRISTEN : RELASI ORANGTUA – ANAK. Setelah memahami visi, misi, tujuan dan tindakan konkrit dari kehidupan keluarga Kristen pada bab sebelumnya, maka di bab ini diuraikan tentang peran dan tanggung jawab anggota keluarga. Apa peran suami dan isteri dalam keluarga Kristen? Apa peran orangtua dan apa peran anak? Pertanyaan ini coba dijawab dalam bagian ini. Kiranya masing-masing anggota keluarga memahami peran dan tanggunjawabnya sehingga kehadirannya untuk saling melengkapi, bukan saling meniadakan.

Bab 4. KELUARGA KRISTEN YANG HARMONIS. Bagian ini kita bicara tentang  bagaimana melaksanakan visi, misi dan  tindakan konkrit itu agar keluarga Kristen dapat mencapai apa yang dikehendaki Allah. Dengan kata lain, apa saja usaha keluarga Kristen untuk mencapai tujuan.  Dengan memahami peran masing-masing anggota keluarga selanjutnya dibutuhkan adalah suasana keluarga yang memungkinkan peran setiap anggota keluarga mendapatkan aktualisasi. Jadi keharmonisan keluarga Kristen menjadi sarana, sekaligus tujuan.

Bab 5  KELUARGA KRISTEN DALAM DUNIA YANG BERUBAH. Bab ini hendak menguraikan satu tema sentral yang penting diketahui sekaligus relevan untuk keluarga Kristen yakni pengaruh perubahan dan perkembangan zaman. Sebagaimana kita ketahui, keluarga Kristen hidup dalam zaman yang terus berubah, namun Allah tetap setia dalam menemani keluarga Kristen. Ada beberapa hal yang dikemukakan di sini adalah peran serta keluarga dalam misi Gereja, pelayanan keluarga dalam masyarakat, keluarga dan media, keluarga dan orang muda, perlindungan perempuan dan anak, perempuan dan gender, keluarga dan lingkungan hidup, keluarga dan masalah pangan, dan terakhir adalah peran Gereja dalam membentuk keluarga Kristen yang bertanggungjawab.

Bab.6 PENUTUP. Di akhir dari buku ini  yang merupakan bagian penutup, saya membuat rangkuman dan beberapa penekanan untuk diperhatikan. Sangat diharapkan pembaca dapat membaca hingga akhir buku ini.

Oleh karena itu buku ini akan membantu keluarga-keluarga dalam menjalani kehidupan di setiap aspek, sebagai suatu pedoman dan petunjuk untuk membawa keluarga ke arah yang benar guna mewujudkan keluarga yang bebas dari segala persoalan. Selain itu buku ini juga menjawab apa yang menjadi pergumulan keluarga selama ini, salah satunya masalah kepemimpinan dalam keluarga. (@)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here